Usia Wajib Wanita Menutup Auratnya

Bismillah,

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, menutup aurat adalah perintah Allah Swt dan sunnah Rosulullah Saw. Sesuai dengan Firman Allah Swt QS. Al-Ahzab:59, “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka“. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

aurat-aur-islam

Namun berapakah umur wanita yang dimaksud anak-anak perempuanmu dari ayat diatas ? mari kita simak hadits berikut ini :

‘Aisyah ra mengisahkan, ketika Rosulullah Saw sedang istirahat dirumah, tiba-tiba Asma’ binti Abu Bakar (saudara kandung ‘Aisyah) memasuki kamar Nabi Saw dengan memakai busana yang sangat tipis (agak transparan). Serta merta Rosulullah Saw memalingkan muka darinya dan bersabda,”Hai Asma’, apabila seorang wanita sudah menginjak usia akil baligh (ditandai dengan menstruasi pertama) tidak pantas bagian tubuhnya terlihat (orang lain), kecuali bagian ini dan ini (Rosulullah Saw menisyaratkan pada wajah dan kedua telapak tangan beliau)” HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Sungguh hadits tersebut sudah sangat jelasnya dan tidak perlu penjelasan yang mendalam.

Namun sebagian ada yang mempertanyakan soal bagaimana dengan punggung telapak tangan terlihat, ya silahkan saja semaksimal mungkin jika bisa ditutup. Namun, janganlah menyalahkan orang yang tidak menutup punggung telapak tangannya, kerena memanglah sulit menutup punggung telapak tangan sedangkan telapak tangan tetap terbuka.

Sedangkan untuk laki-laki paha adalah aurat dan betis tidak termasuk aurat, berdasarkan hadist dibawah ini :

  1. Muhammad Rosulullah melewati Ma’mar, waktu itu kedua paha Ma’mar dalam keadaan terbuka. Lalu Nabi Saw bersabda,”Hai Ma’mar, tutuplah kedua pahamu itu. Sungguh kedua paha itu aurat” (HR. Ahmad dan Bukhori)
  2. Ali ra mengatakan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda,”Janganlah engkau menampakkan pahamu. Juga jangan engkau melihat paha orang lain baik yang masih hidup maupun yang sudah mati” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

 

Demikain sedikit penjelasan masalah aurat, semoga bermanfaat dan kita berazam untuk menutup aurat kita dengan baik sesuai syariat Islam bukan, dan bukan mengikuti model yang sedang trendi yang tidak syar’i.. InsyaAllah.

 3,965 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat