Tinggalkan Berbantahan Karena Tidak Bermanfaat dan Pahalanya Surga

Bismillah, sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt,

Jaman media sosial sekarang ini, semua informasi cepat sekali sampai. Terkadang kita belum tahu kebenaran informasi tersebut, sehingga memicu kericuhan, berdebat atau berbantah-bantahan. Berbahtah-bantahan ini sebaiknya dihindari sesuai dengan anjuran Rosulullah Saw.

Debat

Rosulullah Saw bersabda, “Tinggalkanlah berbantah-bantahan, karena berbantahan itu tidak dapat dipahami himahnya, dan tidak dapat dijamin keamanan fitnahnya” (HR. Thobroni)

Selain memang sudah dianjurkan untuk ditinggalkan, meninggalkan berbantahan juga mendapat ganjaran surga yang tinggi dan megah, sesuai hadits berikut :

Rosulullah Saw bersabda, “Barang siapa meninggalkan berbantahan padahal ia dalam pihak yang benar, niscaya dibangunkan untuknya rumah di surga yang tinggi. Dan barang siapa meninggalkan berbantahan, sedang ia pada pihak yang salah, niscaya dibangunkan rumah untuknya ditengah-tengah surga” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ingat!!! perdebatan yang sehat adalah mencari kebenaran, bukan mencari kemanangan dan jangan sampai menambah permusuhan karena beda pendapat. Persatuan dan kesatuan adalah yang utama.

 1,886 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat