Sunnah Menangis Mencium Hajar Aswad

Bismillah,

Sahabat Mabrur, sudah banyakkan dari sahabat semua yang telah menunaikan ibadah Haji atau Umroh. Pertanyaan saya sudah berapa kali mencium Hajar Aswad ? Hmm ternyata jangankan mencium Hajar Aswad, kemaren ada jamaah ibu-ibu yang sudah 8 kali Umroh, belum pernah sekali pun sampai ke Ka’bah.

Yaa memang selain perlu keberanian dan fisik yang tangguh, juga perlu memilih waktu yang tepat untuk bisa sampai kesana. Next time InsyaAllah kita sama-sama berjuang mencium Hajar Aswad ya… đŸ™‚

:: Hadist -1 ::
Ibnu Umra ra bercerita, Muhammad Rosulullah Saw menghadap Hajar Aswad, lalu menciumnya dan menangis beberapa lama. Setelah itu beliau menoleh dan melihat Umar bin Khottob sedang menangis didekat beliau, dan Rosul Saw bersabda, “wahai Umar, disinilah seharusnya air mata itu ditumpahkan” (HR. Ibnu Majah)

Sahabat Mabrur, kalaulah bukan karena Rosulullah Saw mencium Hajar Aswad, pasti kita tidak melakukannya. Tetapi karena Rosulullah Saw mencium hajar aswad maka jika kita mencium hajar aswad akan mendapatkan sunnahnya.

:: Hadist – 2 ::
Salim ra mendengar cerita bapaknya bahwa Umar bin Khottob ra mencium hajar aswad. Lalu ia berkata,”Ketahuilah, demi Allah, aku tahu engkau hanya batu. Kalaulah aku tidak melihat Rosulullah Saw menciummu, aku tidak akan menciummu” (HR. Muslim)

cium-hajar-aswad

Untuk kaum Hawa, memang benar kata sebagian Ustadz kita, “Mencium Hajar Aswad hukumnya sunnah, klo gara-gara ingin mencium Hajar Aswad ibu-ibu disenggol, dihimpit laki-laki dan bahkan Hijabnya sampai terlepas, maka hukumnya haram” jadi untuk para kaum hawa, sebaiknya jika ingin mencium Hajar Aswad bersama mahromnya, jangan sendiri-sendiri. Wallahu’alam

 1,389 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat