Sunnah Dihari Jumat

Bismillah, Alhamdulillah

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, saya akan menuliskan beberapa Sunnah yang dilakukan dihari Jumat, yakni sbb :

  1. Memotong Kuku dan Kumis, sesuai hadist berikut ini : “Nabi Saw terbiasa memotong kuku dan kumis beliau pada hari Jumat, sebelum berangkat sholat Jumat” (HR. Baihaki)
  2. Mandi pada hari Jumat, Rosulullah Saw bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib atas setiap orang yang sudah baligh” (Muttafaq Alaih). Dan pada riwayat dari Ibnu Umar ra, disebutkan bahwa beliau Saw bersabda, “Jika salah seorang kalian mendatangi sholat Jumat, maka hendaknya dia mandi” (Muttafaq Alaih)
  3. Memakai Pakaian terbaik, Rosulullah Saw bersabda, “Barang siapa mandi dihari Jumat dan membaguskan mandinya, lalu bersuci dan membaguskan cara bersucinya, lalu memakai pakaian terbaiknya dan memakai wewangian, setelah itu menghadiri sholat Jumat, tidak melakukan perbuatan sia-sia atau memisahkan antara dua orang, maka akan diampuni semua dosanya antara Jumat tersebut hingga Jumat berikutnya” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)
  4. Memanjangkan Sholat Jumat dan Memendekkan Khotbah, sesuai hadits berikut : Abdullah ibn Abu Aufa berkata Rosulullah Saw selalu memperbanyak zikir dan sedikit melakukan perbuatan sia-sia. Beliau juga memperpanjang sholat dan mempersingkat khotbah. (HR. An-Nasa’i)
  5. Serius ketika Khotbah, dari Jabir ibn Abdillah ra, dia berkata, “Apabila Rosulullah Saw berkhotbah, matanya merah, suaranya meninggi, dan semangatnya menyala-nyala, seakan-akan beliau sedang memberikan komando pada pasukan perang” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)
  6. Sholat Sunnah dirumah, manakala selesai sholat fardhu Jumat, Rosulullah Saw melaksanakan sholat sunnah dirumahnya, “Abdullah bahwasanya bila dia telah menunaikan sholat Jumat, dia pulang dan sholat dua rakaat dirumahnya” (HR. Muslim) dalam riwayat lain Ibnu Umar menceritakan bahwa Rosulullah Saw tidak mengerjakan sholat setelah sholat Jumat hingga beliau pulang sholat dua rakaat (HR. An-Nasa’i)
  7. Mendengarkan Khutbah, Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Saw bersabda, “Apabila hari Jumat, para malaikat berdiri dipintu masjid sambil mencatat orang yang datang dahulu, lalu yang datang kemudian. Perumpamaan orang-orang yang datang pada waktu yang paling awal adalah seperti orang yang berkurban seekor unta, berkurban sapi, berkurban kambing, berkurban ayam, lalu berkurban sebutir telur. Kemudian apabila imam sudah keluar, maka para malaikat itu melipat buku-buku catatannya dan mendengarkan khotbah” (HR. Bukhori)
  8. Tidak bicara ketika Khutbah, Nabi Saw bersabda, “Apabila kamu mengatakan kepada temanmu pada hari Jumat ‘Diamlah’ padahal imam sedang berkhutbah, maka sungguh kamu telah berbuat sia-sia” (HR. Muslim)
  9. Tidur setelah Jumat, Anas bin Malik berkata, “Kami suka menyegerakan sholat Jumat (diawal waktu), lalu kami tidur siang setelah sholat Jumat itu” (HR. Bukhori)

.

 682 total views,  1 views today

1 thought on “Sunnah Dihari Jumat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat