Saat Doa Paling Didengar Allah SWT

Bismillah,

Abi Umamah ra mengutarakan, seseorang bertanya kepada Nabi,”Ya Rosulullah, kapankah doa itu paling didengar oleh Allah ?”, Nabi Muhammad Saw bersabda,”Pada akhir malam dan sesudah sholat wajib” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits diatas, berarti dapat kita ambil kesimpulan bahwa selain sholat malam, setiap selesai sholat fardhu kita sebaiknya berdoa, karena itu adalah salah satu waktu paling didengar Allah saat kita berdoa.

Dijelaskan lagi bahwa saat paling dekat hamba dan Allah SWT adalah ketika sujud, Abu Huroiroh memberitahukan, Nabi Muhammad Saw bersabda,”Saat paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i)

Doa sebagai sarana pelindung dari bencana atau musibah :

Aisyah ra menuturkan, Rosulullah Saw bersabda,”Tidaklah berguna kehati-hatian terhadap takdir. Doa berguna terhadap apa saja yang telah menimpa seseorang, dan hal-hal yang belum diturunkan. Sesungguhnya bencana pasti akan turun dan akan ditemui oleh doa. Lalu keduanya selalu bersaingan sampai hari kiamat” (HR. Bazaar dan Thobroni)

 1,440 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat