Menghadiahkan Bacaan Yasin Untuk Orang Meninggal Adalah Perintah Rosullullah SAW, bukan Bid’ah

Bismillah, Alhamdulillah… Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt.

Kita tercipta sebagai manusia di muka bumi ini, wajib belajar dalam urusan apapun, terlebih lagi terkait dengan masalah ibadah. Tidak ada kata terlambat, ayo belajar, rajinlah membaca, ketika ilmu tidak bertambah dan tidak diasah, maka kita menjadi kerdil akan pengetahuan. Nah.. keterbatasan ilmu inilah kadang-kadang yang menjadi pemicu perselisihan.

Sesuatu yang kita kerjakan akan terasa lebih nyaman ketika kita tahu dalil-dalilnya, walaupun orang lain menyatakan beda pendapat tidak masalah, sepanjang yang kita kerjakan ada dalilnya sohih, monggo jalan terus.

Al-Quran

Membaca yasin atau menghadiahkan bacaan Al-Quran kepada keluarga yang sudah meninggal adalah sunnah dan bahkan diperintahkan oleh Rosulullah Saw, simak beberapa hadits berikut :

  1. Ma’qil ra menginformasikan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda, “Bacakanlah surat Yaa Siin untuk orang yang meninggal diantara kalian” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Hakim)
  2. Nabi Muhammad Saw bersabda, “Barangsiapa yang memasuki pemakaman lalu ia membaca surat Yaa Siin niscaya mereka (para penghuni kubur) mendapat keringanan saat itu, dan ia (orang yang membacanya) mendapat pahala kebajikan sesuai jumlah penghuni kubur” (HR. Thobroni)
  3. Jundub bin Abdillah ra mengabarkan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda, “Surat Al-Baqoroh adalah puncak tertinggi Al-Quran. Setiap ayatnya yang diturunkan disertai oleh delapan puluh malaikat. Ayat kursi dikeluarkan dari perbendaharaan ‘Arasy dan digabung dengannya. Sedangkan Yaa Siin adalah inti Al-Qur’an, tidaklah seseorang membacanya hanya karena Allah dan akhirat melainkan ia diampuni. Dan bacalah Yaa Siin untuk orang-orang yang telah meninggal diantara kalian” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Syekh Imam Abu Muhammad bin Qudamah Al-Maqdisi menerangkan pada akhir bab jenazah dalam kitabnya Al-Mughni, bahwa membaca Al-Quran di kuburan itu diperbolehkan. Beliau mengutip pernyataan Imam Ahmad, “Jika kalian memasuki kuburan, bacalah ayat kursi dan Al-Ikhlas, masing-masing 3 kali, lalu nyatakan, ‘ya Allah, sesungguhnya pahalanya untuk para penghuni kubur ini”

saksikan juga video berikut ini :

Jangan mau dikotak-kotakkan oleh hal-hal kecil, karena kita adalah ahlussunah wal jamaah… musuh kita adalah orang kafir dan syiah laknatullah…

Wallahu’alam bisshowab.

sumber : buku pintar hadits, Prof. Dr. H. Mohammad Baharun, Hal. 500-501

 3,119 total views,  1 views today

1 thought on “Menghadiahkan Bacaan Yasin Untuk Orang Meninggal Adalah Perintah Rosullullah SAW, bukan Bid’ah

  1. Alhamdulillah ini adalah amalan orang-orang soleh yang sesuai sunnah, wallahu a’lam bissowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat