Larangan Memilih Pemimpin Orang Kafir

Bismillah,

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, didalam Islam setiap Orang adalah pemimpin sesuai hadits dari Ibnu Umar ra, “Rosulullah Saw bersabda,”Setiap orang diantara kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpin dan dimintai tanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang suami adalah pemimpin ditengah keluarganya dan akan dimintai tanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang istri adalah pemimpin dan akan dimintai tanggung jawab atas kepemimpinannya, seorang pelayan/pegawai juga pemimpin dalam mengurus harta majikannya dan ia dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya (HR. Bukhori Muslim)

pemimpin

Pemimpin itu harus melindungi orang yang lemah dan menolong yang teraniaya, bukan arogan, bicaranya tidak santun dan suka marah-marah, perhatikan hadits berikut ini :

Abu Huroiroh ra menginformasikan, Rosulullah Saw bersabda,”Sultan (pemimpin) adalah naungan Allah yang ada dibumi. Ia menjadi tempat berlindung bagi orang yang lemah, dan kepadanya orang yang teraniaya meminta pertolongan. Barang siapa memuliakan sultan Allah di dunia ini, niscaya Allah akan memuliakannya kelak dihari kiamat” (HR. Ibnu Hajjar)

Sanki bagi orang yang beriman yang menjadikan orang kafir pemimpin :

  1. Janganlah orang-orang beriman menjadikan orang kafir sebagai pemimpin, melainkan orang-orang beriman. Barang siapa berbuat demikain, niscaya dia tidak akan memperoleh apapun dari Allah, kecuali karena (siasat) menjaga diri dari sesuatu yang kamu takuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu akan siksa-Nya dan hanya kepada Allah tempat kembali (QS. Ali Imran :28)
  2. Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (Yaitu) orang-orang yang menjadikan orang-orang kafir sebagai pemimpin dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan disisi orang-orang kafir itu ? Ketahuilah bahwa semua kekuatan itu milik Allah (QS. An-Nisa :138-139)

 

Larangan bersahabat dengan orang kafir :

  1. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengambil orang-orang yang diluar kalanganmu (seiman) sebagai teman kepercayaanmu, karena mereka tidak henti-hentinya menyusahkan kamu. Mereka mengharapkan kehancuranmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang tersembunyi dihati mereka lebih jahat. Sungguh, telah kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami) jika kamu mengerti. (QS. Ali Imran:118)
  2. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu jadikan orang-orang yang dimurkai Allah sebagai penolongmu, sungguh, mereka telah putus asa terhadap akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur juga berputus asa. (QS. Al-Mumtahanah:13)

 

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, saya pernah membaca postingan di media sosial dari beberapa kawan ‘biarlah dipimpin orang kafir, asalkan amanah‘ hmm… saya yakin status seperti itu adalah dari buah pemikiran nafsu mereka saja, semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kita tentang bagaimana cara memilih seorang pemimpin secara Islam.

Sahabat, saya berdoa semoga Allah Swt memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita semua, agar bersatu, tolong menolong dalam menegakkan persaudaraan sesama kaum Muslimin. amin.

 

 

 2,745 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat