Larangan Duduk Diatas Kuburan

Bismillah,

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, kemaren baru saja saya ikut mengantarkan jenazah sahabat saya hingga ke pemakaman, saya lihat ada larangan adab-adab kubur yang terjadi disana. Bagaimana adab kita saat di pemakaman, silahkan disimak beberapa hadits tetang dikuburan berikut ini :

Duduk diatas kuburan adalah dilarang, banyak orang yang duduk bahkan menginjak kubur, padahal Rosulullah melarang hal itu, beberapa hadits larangan duduk diatas kuburan :

  1. Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rosulullah Saw bersabda,“Salah seorang kamu duduk diatas batu api hingga pakaiannya terbakar hingga sampai kekulitnya, itu lebih baik baginya daripada ia duduk diatas kubur” (HR.Muslim)
  2. Abi Mirtsid Ghunawi ra memberitahukan, Muhammad Rosulullah Saaw bersabda,“Janganlah kalian duduk diatas kuburan dan jangan sholat menghadapnya” (HR. Muslim)
  3. Jabir ra menginformasikan “Muhammad Rosulullah Saw melarang mengecat kuburan, duduk diatasnya dan membangun diatasnya” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

 

makam baqi

Hadits-hadits lain mengenai Kuburan sbb :

  1. Abu Huroiroh ra memberitahukan, Rosulullah Saw bersabda,”Janganlah engkau jadikan rumah kalian sebagai kuburan dan janganlah engkau jadikan kuburanku sebagai tempat perayaan dan ucapkanlah sholawat untukku, sebab sholawat kalian akan sampai kepadaku dari tempat kalian berada” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
  2. Dari Basyir bin Ma’bad, sahabat yang telah ma’ruf dengan nama Ibnul Khososiyah, ia berkata, “Pada suatu hari saya berjalan bersama Rasulullah Saw, tiba-tiba beliau melihat orang yang berjalan di areal pemakaman dalam keadaan memakai sandal, maka beliau menegurnya, “Wahai orang yang memakai sandal, celaka engkau, lepaskan sandalmu!” Orang tersebut lantas melongok dan ketika ia tahu bahwa yang menegur adalah Rasulullah Saw, ia mencopot sandalnya.” (HR. Abu Daud dan An Nasai)

 

Tentang larangan memakai sandal dalam hadits ini di atas, mayoritas ulama menganggapnya haram. Pendapat yang paling kuat adalah pendapat yang mengatakan makruh karena larangan berjalan di pekuburan dengan mengenakan sendal adalah untuk menghormati penghuni kuburan.

Dari keterangan di atas, kita ketahui bahwa hadits larangan memakai sendal ketika berjalan di pekuburan adalah shahih, dan sudah selayaknya kita mengamalkan dan menghidupkan sunnah yang banyak dilupakan ini, walaupun manusia telah meninggalkannya.

Dari beberapa hadits diatas, dapat disimpulkan bahwa :

  1. Dilarang duduk diatas kuburan
  2. Dilarang sholat menghadap kuburan
  3. Dilarang mengecat kuburan dan membangunnya
  4. Dilarang membuat perayaan dikuburan
  5. Dilarang menggunakan sandal

 

Alhamdulillah, semoga kita bisa semakin faham dan niat mengamalkan serta menyampaikan kepada saudara kita yang lain tentang pentingnya adab-adab dikuburuan. Wallahu a’lam

Sumber :

  1. Masalah populer – H. Abdul Somad, Lc, MA
  2. Buku Pintar Hadits, Syamsul Rijal Hamid
  3. https://konsultasisyariah.com/1726-bolehkah-memakai-alas-kaki-di-kuburan.html

 2,646 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat