Keutamaan Puasa Hari Arofah

Bismillah, Alhamdulillah… Sahabat Mabrur yg dirahmati Allah Swt

Betapa bahagianya saudara-saudara kita umat Islam yang sedang di tanah Suci Mekkah saat ini, karena sebentar lagi mereka akan melaksanakan ibadah Haji, semoga mereka sehat selalu dan ibadahnya lancar sampai selesai.. amin.

Untuk kita yang ditanah air, ada amalan sunnah yang pahalanya sangat besar dibulan Dzulhijjah ini, yaitu Puasa Arofah. Hal ini ditegaskan oleh Rosulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni sebagai berikut :

“Rosulullah Saw bersabda, “Puasa pada hari Arofah itu dapat menghapus dosa selama 2 tahun, yakni 1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang” (HR. Muslim)

puasa

Sedangkan puasa sunnah ini dilarang bagi mereka yang sedang di Arofah, Abu Huroiroh memberitahukan, “Sungguh Rosulullah Saw melarang puasa Arofah bagi orang-orang yang berada di Arofah” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i)

Waktu pelaksanaan puasa Arofah adalah 1 hari sebelum hari raya Kurban yakni tanggal 9 Dzulhijjah, ketika  itu jamaah haji sedang wukuf di Arofah dan tanggal 10 Dzulhijjah nya kita melaksanakan hari raya Kurban di tanah air. InsyaAllah tahun ini puasa arofah (9 Dzulhijjah) akan jatuh pada hari Minggu tanggal 11 September 2016.

Semoga tulisan ini bisa sebagai pengingat kita akan keutamaan puasa Arofah, InsyaAllah kita niat amalkan dan sampaikan kepada saudara-saudara kita yang lain. Amin.

 1,667 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat