Inilah Akibat Tidak Membayar Zakat

Bismillah,

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, berikut ini kami sampaikan beberapa hal tentang perintah Allah mengenai zakat, yakni sbb :

Beberapa Firman Allah tentang perintah zakat :

  1. Dan laksanakanlah sholat, tunaikan zakat, dan ruku’lah berserta orang-orang yang ruku’ (QS. Al-Baqoroh:43)
  2. Dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ta’at lah kepada Rosul (Muhammad Saw) agar kamu diberi rahmat (QS. An-Nur:56)

sedekah

Keutamaan zakat :

  1. Sungguh orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala disisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. (QS. Al-Baqoroh: 277)
  2. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridhoan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya). (QS. Ar-Rum:39)
  3. Abu Ayyub ra memberitahukan, ada seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “Ya Rosulullah, beritahukanlah kepadaku amal apakah yang bisa memasukkan aku ke surga?”. Jawab Rosul Saw, “Harta, harta” lanjut Rosulullah,”Yang penting bagimu adalah menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun. Lalu mendirikan sholat, menunaikan zakat dan menyambung tali silaturahim” (HR.Bukhori)
  4. Hasan ra memberitahukan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda,”Lindungilah harta-harta kalian dengan zakat. Obatilah penyakit-penyakit kalian dengan sedekah, Hadapilah gelombang-gelombang perpecahan dengan doa dan sikap merendahkan diri kepada Allah” (HR. Abu Dawud)

 

Beberapa hadits akibat meninggalkan zakat :

  1. Muhammad Rosulullah Saw bersabda,”Golongan orang-orang yang tidak membayar zakat akan ditimpa kelaparan, dan kemarau panjang” (HR. Thobroni)
    Menurut Imam dan Imam Baihaqi, tekz hadits diatas adalah,”Apabila (warga) kampung tidak berzakat, Allah akan menahan hujan”. Imam Hakim juga menyatakan bahwa hadits tersebut menurut Imam Muslim adalah shohih.
  2. Ibnu Umar ra menyatakan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda,”Bila mereka tidak mengeluarkan zakat, berarti mereka menghambat hujan turun. Seandainya tidak ada binatang, pastilah mereka tidak diberi hujan” (HR. Ibnu Majah, Bazzar dan Baihaqi)
  3. Nabi Saw mengirimkan utusan kepada seorang laki-laki dari kabilah Asyja’ untuk memungut zakat, namun laki-laki itu menolaknya. Ketika Nabi Saw mengirimkan utusan untuk kedua kalinya, laki-laki itu masih membangkang tidak mau membayar zakat. Maka sewaktu mengirim utusan ketiga, Nabi Saw berpesan,”Apabila ia masih membangkang, pukullah lehernya” (HR. Thobroni & Hakiim)

 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan niat kita sebarkan kepada saudara kita yang lain tetang pentingnya membayar zakat. InsyaAllah….

 

 

 

 5,525 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat