Imamnya Makmum adalah Imam, Jadi Imamnya Imam siapa ?

Bismillah.

Sahabat Mambrur yang dirahmati Allah Swt, pagi ini ada kerabat istri saya yang meninggal dunia, saat dikediaman almarhum dan disela-sela menanti waktu sholat Dzuhur sebelum jenazah dikebumikan, saya bertemu dengan seorang Ustad yang hadir bertakziah, sebut saja namanya ustad Abu. Dalam perkenalan singkat dan pembicaraan singkat tentang kematian yang disampaikannya, akhirnya saya mendapat pertanyaan dari ustad tersebut.

Al-Quran

Pertanyaannya dari ustad Abu adalah “Makmum kan berimam kepada Imam, nah jadi kalau gitu Imam berimam kepada siapa ?“. Saya agak kaget atas pertanyaan Ustad itu, dan saya mencoba agak serius mendengarkan pemaparan selanjutnya, sambil dalam hati berkata, ini pertanyaannya agak aneh dan jarang saya dengar. Tetapi okelah, sepertinya menarik.

Kemudian ustad Abu melanjutkan pembicaraan, ‘jadi mas, seorang imam itu berimam kepada Al-Quran, begitu juga makmumnya otomatis begitu’, coba kalau kita meninggal dunia, salah satu pertanyaan didalam kuburkan adalah ‘Man Imammuka (siapa imam mu)’ dan jawabannya adalah ‘Imam saya adalah Al-Quran‘, pertanyaan gampang dan jawaban yang mudah ini tidaklah semudah saat kita didalam kubur, yang menjawab nanti saat ditanya oleh malaikat adalah iman kita, amal perbuatan kita yang menjawab, sedangkan mulut kita terkunci.

Ustad Abu melanjutkan, “kalau kita ingin Al-Quran adalah imam kita, tentunya dari saat kita hidup ini bacalah Al-Quran, jadikanlah petunjuk dalam menjalani kehidupan ini, tadabburi isinya, laksanakan perintahnya dan jauhi larangannya, insyaAllah selamat kita saat menjawab pertanyaan didalam kubur nanti”, saya pun manggut-manggut mendengarkan penjelasan pak Ustad dan tertunduk malu karena masih banyak kurang mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan ini.

Alhamdulillah, semoga apa yang saya dapatkan ini juga bisa menjadi inspirasi teman-teman yang lain, agar selalu menjadikan Al-Quran petunjuk (Imam) kita saat di dunia dan selamat kelak di akherat nanti. Amin.

Hadits-hadits seputar Al-Quran :

  1. Rosulullah Saw bersabda,”Sesungguhnya Al-Quran ini satu ujungnya ada di tangan Allah Swt dan satu ujung lainnya ada ditangan kamu sekalian. Karena itulah berpegang teguhlah kepadanya, sesungguhnya kamu sekalian tidak akan sesat untuk selama-lamanya” (HR. Thobroni)
  2. Dari Abu Ja’far Al-Baqiro menjelaskan, setalah Nabi Muhammad Saw bersabda,”Hendaklah diantara kamu segolongan umat yang mengajak pada kebajikan” lalu beliau bersabda,”Kebajikan (kebaikan) itu adalah kepatuhan mengikuti Al-Quran dan sunnahku” (HR. Ibnu Mardawih)
  3. Katsir bin Abdullah mendengar dari ayahnya, dan ayahnya mendengar dari kakeknya, bahwa Rosulullah Saw bersabda,”Aku tinggalkan pada kalian 2 perkara yang akan membuat kalian tidak tersesat selama kalian berpegang kepadanya, yaitu Kitabullah (Al-Quran) dan sunnah Nabi (Hadits)” (HR. Ibnu Abdil Barri)

 3,988 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat