Hal-Hal Makruh Dan Dilarang Dalam Qurban

Bismillah, Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt,

Berikut ini kami sampaikan beberapa hal terkait dengan makruh dan larangan dalam berqurban, yakni sbb :

Hal-hal yang makruh :

  1. Pisau yang kurang tajam atau tumpul untuk menyembelih, sesuai sabda Rosulullah Saw, “Dan hendaklah seseorang dari kalian menajamkan pisaunya dan tidak menyiksa hewan sembelihannya” (HR.Muslim)
  2. Menunjukkan pisau pada hewan qurban, dari Ibnu Umar ra, bahwa Rosulullah Saw memerintahkan kita menajamkan pisau dan menyembunyikan dari penglihatan binatang yang akan disembelih. (HR. Ahmad)
  3. Mematahkan leher hewan qurban atau mengulitinya sebelum hewan itu benar-benar mati. Adapun menghadapkan hewan ke arah kiblat sebelum disembelih, maka tidak ada teks yang menunjukkan kesunnahannya.

 

kambing

Hal-hal yang dilarang :

  1. Dilarang menjual daging qurban, sabda Rosulullah Saw, “Janganlah kamu jual daging dam haji dan daging kurban. Makan dan sedekahkanlah dagingnya itu. Ambil manfaat kulitnya, dan jangan dijual kulitnya” (HR. Ahmad)
  2. Dilarang mengambil upah potong, Ali ra menuturkan, “Aku disuruh Rosulullah Saw mengurus penyembelihan hewan qurban, menyedekahkan daging dan kulitnya, dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kesempurnaan qurban. Tetapi dilarang beliau mengambilkan upah untuk tukang potong dari hewan qurban itu. Untuk upahnya kami ambilkan dari uang kami sendiri” (HR. Muslim)

 

Hewan yang tidak boleh dijadikan hewan qurban : Sabda Rosulullah Saw, “Ada 4 penyakit yang tidak layak untuk hewan qurban, yang picak dan jelas kepicakannya, yang sakit dan terlihat jelas penyakitnya, yang pincang sekali dan yang kurus sekali hingga tidak ada tulang sumsumnya” (HR. At-Tirmidzi)

 

Semoga bermanfaat, amin. 🙂

 4,267 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat