Doa Dzun Nun Untuk Selamat dari Kesulitan Duniawi

Bismillah,

Sahabat Mabrur, betapa besarnya kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. Betapa mulianya Dzun Nun (Yunus as) yang telah memberikan suri tauladan kepada kita saat dilanda kesusahan yang amat sangat.

Meninggalkan kaumnya, ditelan ikan paus, merasakan gelapnya malam didalam gelapnya didalam laut dan gelapnya didalam perut ikan paus, rasa yang amat berat dialami seorang nabi.

yunus-dzun-nun

Dari Sa’ad bin Abi Waqosh bahwasanya Rosulullah Saw bersabda,”Doa Dzun Nun tatkala berdoa dalam perut ikan paus adalah Laa ilaa hailla anta subhanaka inni kuntu minadzholimiin (Tiada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim). Tidaklah seseorang muslim berdoa dengannya taktala menghadapi masalah apapun, melainkan Allah akan mengabulkan doanya” (HR. Tirmidzi no. 3427, Ahmad no. 1383)

Dalam hadits yang lain, dari Sa’ad bin Abi Waqosh, Rosulullah bertanya kepada sahabat yang sedang duduk-duduk bersama beliau,”Maukah kalian apabila aku beritahukan kepada kalian sebuah doa, tatkala seorang diantara kalian ditimpa sebuah kesusahan atau musibah duniawi, ia memanjatkan doa tersebut sehingga ia diberi jalan keluar dari kesulitannya ?”, kemudian para sahabat menjawab,”Tentu saja, wahai Rosulullah”. Maka Rosulullah bersabda,”Itulah doa Dzun Nun :”Laa ilaa hailla anta subhanaka inni kuntu minadzholimiin (Tiada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim)” (HR. Al-Hakim no. 1818)

Hadits diatas merupakan ketegasan Rosulullah Saw tentang keragu-raguan kita, bahwa doa nabi Yunus ini adalah mustajabah untuk sepanjang masa, bukan hanya dizaman nabi Yunus saja.

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman (QS. Yunus : 111)

 7,849 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat