Bolehkah Sholat Dengan Mukena Bercorak Warna Warni

Bismillah, Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt,

Rosulullah Saw mengingatkan setiap Muslim untuk menghindari pakaian yang mengandung perhatian orang (Syuhrah). Beliau bersabda, “Siapa yang memakai pakaian syuhrah, maka Allah akan memakaikan pakaian yang serupa pada hari kiamat nanti. Kemudian, dalam pakaian tersebut akan dinyalakan api Neraka” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Jilbab-Norak2

Pakaian syuhrah adalah pakaian yang membuat pemakainya menjadi pusat perhatian, baik karena jenis pakaian tersebut sangat mewah maupun pakaian tersebut telah sangat jelek dan lusuh, sehingga sangat berbeda dengan kebanyakan orang.

Asy-Syarkhasi mengatakan, “Maksud hadits, seseorang tidak boleh memakai pakaian yang sangat bagus dan indah hingga menggundang perhatian banyak orang, atau memakai pakaian yang sangat jelek dan lusuh hingga mengundang perhatian adalah : sebabnya karena berlebihan, yang kedua karena menunjukkan terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan” (al-Mabsuth,30/268), oleh karena itu gunakanlah pakaian/mukena yang tidak mengandung perhatian orang, seperti bercorak warna warni atau bentuknya yang tidak lazim.

Hadits-hadits terkait pakaian :

  1. Rosulullah Saw bersabda,”Siapa yang meninggalkan suatu pakaian dengan niat tawadhu’ karena Allah, maka Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan seluruh makhluk, kemudian ia diperintahkan untuk memilih perhiasan iman mana saja yang ingin ia pakai” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, silsilah Ahadits ash-Shahihah, 718)
  2. Rosulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya pakaian sederhana termasuk iman, sesungguhnya pakaian sederhana termasuk iman” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)
  3. Rosulullah Saw bersabda, “Barang siapa meninggalkan pakaian yang mahal karena ingin menundukkan dirinya kepada Allah, padahal ia sanggup membelinya, maka kelak Allah akan memanggilnya dari atas puncak-puncak kepala manusia. Lalu kepadanya diberikan pilihan untuk mengenakan perhiasan-perhiasan iman yang ia sukai” (HR. Tirmidzi dan Hakim)
  4. Rosulullah Saw bersabda, “2 golongan dari umatku kelak tidak akan melihat aku ialah : 1. Suatu kaum yang membawa cemeti seraya memukulkannya kepada manusia laksana seekor sapi. 2. Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, berjalan melenggak-lenggok kekanan kekiri, diatas kepalanya, rambutnya meninggi bagaikan punuk unta yang bergoyang kekanan dan kekiri. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Padahal bau surga itu dapat dicium dari jarak sekian dan sekian” (HR. Muslim)

 

Jilbab-Unta1

sumber : bimbingan islam untuk hidup muslimah, halaman 82

 2,426 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat