BEBERAPA ADAB-ADAB SAAT SAFAR

pesawat

Bismillah, Alhamdulillah…

Apakabar sahabat Mabrur yang kami hormati, semoga selalu sehat wal’afiat ya.. amin

Ayo kita sholawat Nabi Saw dulu… Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad, semoga kita termasuk Umatnya yang mendapat syafaatnya nanti di hari akhir.. amin.

Bapak Ibu calon jamaah Umroh, yuk kita mengingat-ingat lagi pelajaran manasik kita yaitu tentang adab-adab dalam safar (keluar kota/bepergian), yaitu sbb :

  1. Melaksanakan Sholat Sunnah Safar, dari Abu Hurairah ra, bahwa Rosulullah Saw bersabda, “Jika engkau keluar dari rumah mu maka laksanakanlah sholat dua rakaat, yang dengan (sholat) ini akan menghalangi mu dari kejelakan yang berada diluar rumah. Jika engkau memasuki rumah mu maka lakukanlah sholat dua rakaat yang akan menghalangi mu dari kejelekan yang masuk kedalam rumah mu” (HR. Al-Bazzar, di shahihkan oleh Al-Albani) Pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kaafirun dan pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas
  2. Membaca Doa keluar rumah, yaitu : بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ (Bismillahi tawakaltu ‘alallah laa haula walaa quwwata illaa billah) yang artinya : Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.
  3. Memilih Pemimpi Rombongan, sabda Rosulullah Saw, “Jika tiga orang mengadakan perjalanan, hendaklah mereka mengangkat salah seorang darinya sebagai pemimpin” (HR. Abu Dawud)
  4. Perbanyak Doa, Rosulullah Saw bersabda,“Ada tiga doa yang diterima oleh Allah secara langsung, yaitu doa orang yang dianiaya, doa seorang musafir dan doa orang tua kepada anaknya”(HR. Turmudzi, Ahmad dan Abu Daud)
  5. Saling Membantu, Sabda Nabi Saw, “Barang siapa yang mempunyai kelebihan, hendaklah membantu yang tidak memilikinya, dan barang siapa yang memiliki kelebihan bekal, hendaklah menolong yang tidak mempunyainya” (HR. Muslim)
  6. Jangan berpencar & Berkelompok-kelomok, Rosulullah Saw pernah menegur para sahabatnya saat mereka berpisah-pisah: “Sesungguhnya berpencarnya kalian diberbagai tempat (berkelompok-kelompok) dan lembah yang berbeda-beda adalah ajaran setan” (HR. Abu Dawud). Setelah kejadian itu sahabat selalu berkumpul ketika sedang istirahat dalam suatu perjalanan, karena taat akan perintah Nabi Saw.
  7. Berdzikir & Tawakal, Abu Huroiroh ra menceritakan, ada seseorang pamit kepada Nabi Saw, “Ya Rosulullah, saya akan berpergian, maka berilah saya nasehat”, Rosul menjawab “Hendaklah kamu senantiasa bertaqwa kepada Allah Swt dan bertakbir (Allahu Akbar) setiap kali jalan mendaki” kemudian setelah orang itu pergi, Beliau mendoakan “Ya Allah perpendeklah jarak yang jauh, dan permudahlah segera urusannya dalam berpergian” (HR. Tirmidzi)
  8. Menjaga waktu-waktu Sholat, … Dan barang siapa yang meninggalkan Sholat, tiadalah agama baginya dan sholat itu adalah tiang agama.
  9. Segera pulang selesai safar, sabda Nabi Saw, “Perjalanan itu separuh siksaan yang menghalangi salah seorang kalian dari makan, minum dan tidur, maka bila salah seorang telah memenuhi keperluannya, hendaklah segera pulang ke keluarganya” (HR. Bukhari dan Muslim)
  10. Singgah ke Masjid, Nabi Saw manakala pulang dari sebuah perjalanan, beliau datang ke Masjid untuk melakukan sholat dua rakaat” (HR. Bukhari dan Muslim)
  11. Berdoa sebelum masuk rumah :“Segala puji bagi Allah yang telah menolongku menyelesaikan ibadah umrohku, dan menjagaku dari derita perjalanan sehingga aku dapat kembali kepada keluargaku. Ya Allah, berkahilah hidupku setelah umroh ini dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang sholeh”
  12. Memberikan jamuan, Perbuatan ini dicontohkan oleh Nabi Saw. dari Jabir Ra, menyebutkan bahwa tatkala Rosulullah Saw pulang ke Madinah, beliau menyembelih unta atau seekor sapi (HR. Bukhari) perbuatan ini merupakan bentuk syukur dan kebahagiaan setelah berpergian dan kembali dengan selamat.
  13. Mendoakan tamu yang datang : “Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah kemampuan kepada sahabat-sahabat kami, saudara-saudara kami, kaum kerabat kami untuk bisa sampai ke Makkah dan Madinah, dan berkahilah mereka dalam perjalanan ziarahnya ke Baitullah-Mu. Wahai Tuhan kami, berikanlah kami debaikan didunia dan diakherat kelak, dan jagalah kami dari siksa neraka”

 

Demikianlah beberapa adab-adab ketika kita sedang bepergian, semoga menjadi tambahan ilmu bagi kita dan dapat kita amalkan. Amin 🙂

 

 1,495 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat