APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MELAKUKAN DOSA

TravelMabrur.Com, Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, setiap manusia pasti memiliki dosa, apakah sedikit atau banyak pasti ada dosa. Karena itu sudah merupakan fitrah menjadi manusia. Namun Rosulullah Saw telah mengajarkan cara bagaimana yang harus dilakukan ketika kita selesai melakukan dosa.

Abu Bakar ra meriwayatkan, bahwa Rosulullah Saw bersabda, “Tidaklah setiap hamba yang melakukan perbuatan dosa kemudian dia bersuci, lalu bangun untuk sholat 2 rakaat, kemudian dia beristighfar, kecuali Allah mengampuni dosanya” (HR. Abu Dawud no.1521 dan Tirmidzi 406)

Jadi jelaskan ya sahabat, langkah-langkah bertaubat setelah melakukan dosa, yaitu :

  1. Bersuci, mengambil air wudhu dengan sempurna dan dilanjutkan melaksanakan sholat 2 rakaat;
  2. Sholat, melakukan sholat sunnah taubat;
  3. Istighfar, perbanyak membaca istighfar, dan niat untuk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa tersebut. diantara bacaan istighfar adalah :

Syidul Istighfar :

bacaan syaidul istighfar

Artinya : “Ya Allah! Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan apa yang aku perbuat. Aku mengakui nikmatMu (yang Engkau berikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Keterangan : “Barangsiapa membacanya dengan yakin di waktu pagi lalu ia meninggal sebelum masuk waktu sore, maka ia termasuk ahli Surga. Dan barangsiapa membacanya dengan yakin di waktu sore lalu ia meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk ahli Surga.” (HR. Al-Bukhari no. 6306, 6323)

Istighfar yang selalu dibaca 100x pagi atau sore Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertobat kepada-Nya”.

Keterangan : Dzikir ini dibaca 100 kali dalam sehari, boleh dipagi hari atau sore hari. (HR. Al-Bukhari/ Fat-hul Baari XI/101 dan Muslim no.2702.)

Dari Ibnu ‘Umar ia berkata: “Rasulullah Shallallahu „alaihi wa Sallam ber-sabda: ‘Wahai manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah, sesungguhnya aku bertaubat kepada-Nya dalam sehari 100 kali.'” (HR. Muslim no. 2702)

kemudian tidak salah juga jika diamalkan  dzikir berikut ini sebagai perlindungan dari syaitan laknatullah, yaitu :

Dibaca 3x Pagi dan Sore hari :

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala kejahatan yang tercipta.”

Dibaca 3X Pagi dan Sore hari :


Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya, tidak ada sesuatupun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Dia-lah Yang Mahamendengar dan Mahamengetahui.”

Keterangan: barang siapa membacanya sebanyak 3 kali ketika pagi dan sore hari, maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakan dirinya. (HR. At-Tirmidzi no.3388)

Dibaca 100X sehari atau jika malas cukup 10X :

Artinya : “Tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dan Dia-lah yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Keterangan: Barang siapa membacanya 100 kali dalam sehari, maka baginya pahala seperti memerdekakan sepuluh budak, ditulis seratus kebaikan, dihapus darinya seratus keburukan, baginya perlindungan dari syaithan pada hari itu hingga sore hari. tidaklah seseorang itu dapat mendatangkan yang lebih baik dari apa yang dibawanya kecuali ia melakukan lebih banyak lagi dari itu. (HR. Al-Bukhori no 3293).

Demikian, semoga yang sedikit ini bermanfaat adanya, aamiin.

 4,003 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat