Amalan Selesai Sholat Yang Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Dzikrullah

Bismillah,

Sabahat Mabrur yang dirahmati Allah Swt, Sholat adalah perintah Allah Swt dan Sunnah Nabi Saw. Jika selesai menunaikan sholat, ada amalan-amalan ringan yang bisa diamalkan karena bisa menghapus dosa dan mengangkat derajat, yakni sbb :

  1. Membaca Laa Ilaha illallah wahdahulaa sariikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu biyadihil khoiiru wahuwa ‘alaa kulli saii in qodiir.Sesungguhnya Nabi Saw bersabda,”Barang siapa sebelum merubah posisi kakinya dari sholat Magrib dan Shubuh, membaca “Laa Ilaha illallah wahdahulaa sariikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu biyadihil khoiiru wahuwa ‘alaa kulli saii in qodiir” sebanyak 10x, maka ditulis baginya 10 kebaikan sebagai pahala, 1x bacaan dihapus darinya 10 keburukan, diangkat baginya 10 derajat dan bacaan ini menjadi tameng baginya dari segala hal yang tidak menyenangkan dan benteng dari setan yang terkutuk. Serta tidak halal bagi dosa untuk menuntunya, kecuali kesyirikan. Maka ia pun menjadi manusia yang paling utama amalnya kecuali seseorang yang mengunggulinya sekaligus mengucapkan bacaan yang lebih banyak dari bacaannya” (HR. Imam Ahmad, al-Musnad no.18012, Bazzar dari Abi Mundzir al-Juhani)Tsauban ra meriwayatkan, Rosulullah Saw bersabda,”Barang siapa membaca Laa Ilaha illallah wahdahulaa sariikalah …. seraya tidak berharap dengannya kecuali Allah, maka karenanya Allah pasti memasukkannya kedalam surga” (HR. ath Thobrani)
  2. Membaca Istighfar, minimal 3x dilanjutkan dengan membaca Allahumma antas salam.Adalah Rosulullah Saw biasa ketika selesai dari sholatnya, maka beliau membaca istighfar 3x dan membaca “Allahumma antas salaam waminkas salam tabaarakta ya dzal jalaali wal ikhraam” (HR. Muslim no. 591).
    Setelah hadits ini, Imam Muslim menyebutkan bahwa Al-Walid salah seorang perawi hadits ini bertanya kepad Imam al-Auza’i :”Bagaimanakah (bacaan) istighfar-nya?”, Imam al-Auza’i menjawab :”Kamu membaca Astaghfirullaah, Asaghfirullaah”
  3. Membaca Allahumma Ajirnii MInan Naar (Ya Allah, selamatkanlah diriku dari neraka).Rosulullah Saw bersabda kepadaku,”Ketika kamu selesai sholat Subuh, maka sebelum berbicara kepada siapapun, bacalah,”Allahumma Ajirnii minan naar” sebanyak 7x. Karena sesungguhnya jika kamu meninggal dihari itu, niscaya Allah menulis untukmu kebebasan dari neraka. Dan jika selesai sholat Magrib, sebelum kamu berbicara kepada siapapun, maka ucapkanlah doa,”Allahumma Innii As’alukal jannah, Allahumma Ajirnii minan naar” 7x, karena sesungguhnya jika kamu meninggal pada waktu malam hari itu, niscaya Allah memastikan bagimu keselamatan dari neraka” (HR. Imam Ahmad, no. 18076, Ibnu Hibban no. 2019)
  4. Membaca Allahumma A’inni ‘Alaa Dzikrika. Mu’adz bin Jabal ra meriwayatkan, Sesungguhnya Rosulullah Saw memegang tangannya dan bersabda kepadanya,”Wahai Muadz, demi Allah sesungguhnya aku mencintaimu.” lalu beliau bersada,”Aku berwasiat kepadamu, wahai Muadz, agar jangan pernah kamu meninggalkan dalam setiap selesai sholat, membaca,”Allahumma a’inni ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik (Ya Allah, berikanlah aku pertolongan untuk bisa mengingat Mu, bersyukur kepada Mu dan berbuat ihsan dalam beribadah kepada Mu)” (HR. Abu Dawud no. 1519, Imam Ahmad no. 22187)
  5. Membaca Ayat Kursi. Rosulullah Saw bersabda,”Barang siapa membaca ayat Kursi setiap selesai sholat fardhu, maka tidak ada yang akan menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian” (HR. an-Nasa’i).
  6. Membaca Surat Al-Ikhlas. Uqbah bin Amir ra meriwayatkan,”Rosulullah Saw memerintahkan kepadaku agar membaca surat-surat perlindungan setiap kali selesai sholat” (HR. Abu Dawud no. 1520)
  7. Membaca Surat An-Naas dan Al-Falaq. Dari Uqbah bin Amir, Rosulullah Saw memerintahkan kepadaku agar membaca Al Mu’awwidzatain (Surat An-Naas dan Al-Falaq) setiap selesai sholat fardhu. (HR. at-Turmudzi no.2902)
  8. Membaca Tasbih 33x, Tahmid 33x dan Takbir 33x dan ditambah membaca Laa Ilaaha Illallahu Wahdahuu Laa Syariikalah.
    Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rosulullah Saw bersabda,”Barang siapa membaca Tasbih 33x, lalu membaca Tahmid 33x dan Takbir 33x, semuanya berjumlah 99x, kemudia untuk menyempurnakan 100 dengan membaca :”Laa Ilaaha Illahh wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qodiir”, maka diampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih dilautan” (HR. Muslim no.497)

 

Yuk kita berniat untuk mengamalkan 8 bacaan diatas dengan istiqomah, semoga Allah Swt ridho atas usaha kita dan kelak kita bisa bersama-sama didalam surga-Nya. Amiin.

 

 14,511 total views,  6 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat