Amalan Rosulullah Saw Ketika Nisfu Sya’ban

Bismillah, Alhamdulillah…

Sahabat Mabrur yang saya hormati, malam ini adalah malam Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Saya ingin berbagi informasi hadits yang berkaitan dengan malam Nisfu Sya’ban, yaitu sbb :

Hadits Pertama :

Ali ra menyatakan, Muhammad Rosulullah Saw bersabda, :

“Apabila malam Nisfu Sya’ban tiba, dirikanlah malam harinya (dengan mengerjakan sholat sunnah) dan berpuasanya siang harinya. Sungguh sejak matahari tenggelam pada malam itu rahmat Allah turun ke langit paling bawah. Lalu Allah Swt berfirman, “Apakah ada orang yang ¬†meminta ampun? Niscaya akan kuampuni. Apakah ada orang yang meminta rezeki? Niscaya dia akan kuberi rezeki. Apakah ada orang yang tertimpa musibah? Niscaya Aku akan membebaskannya. Adakah demikian, dan adakah demikian? hal itu berulang sampai terbit fajar” (HR. Ibnu Majah)

Hadits Kedua :

‘Aisyah ra menceritakan bahwa suatu malam ia merasa kehilangan Nabi Saw, lalu ia keluar rumah mencarinya, dan menemukan beliau berada di (area perkuburan) Baqi sedang menengadah kepala ke langit.

Hai ‘Aisyah, apakah engkau khawatir Allah dan Rosul-Nya berbuat aniaya terhadap dirimu ? tanya Muhammad Rosulullah Saw menyadari kehadiran ‘Aisyah ra.

“Aku mengira engkau mendatangi istri-istrimu (yang lain)”, Muhammad Rosulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya pada malam Nisfu Sya’ban Allah Swt menurunkan rahmat-Nya ke langit yang paling bawah untuk memberi ampunan kepada orang-orang yang banyaknya melebihi (bilangan) bulu ternak kambing milik Kalb” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Keterangan : Bani Kalb adalah suatu kabilah yang paling banyak memiliki ternak kambing kala itu.

Hadits Ketiga :

Adapun hadits lain tentang keutamaan malam Nisfu Sya’ban disebut dalam Musnad Ahmad, al-Mu’jam al-Kabir karya Imam ath-Thobrani dan Musnad al-Bazzar dan dinyatakan shahih oleh Syekh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah no.1144 :

“Allah Swt memperhatikan para makluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Ia mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali musyrik dan orang yang bertengkar (belum berdamai)”

Bismillah, ayo kita berazam malam ini untuk perbanyak ibadah, karena begitu banyaknya Rahmat Allah Swt yang turun pada malam ini…. InsyaAllah.

 1,084 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat