Adab Meludah Saat Sholat

Bismillah, Alhamdulillah

Sahabat Mabrur yang dirahmati Allah Swt…

Kadangkala saat kita sedang sholat, ada sesuatu dalam mulut yang harus kita keluarkan. Baik berupa sisa-sisa makanan atau tiba-tiba harus mengeluarkan air ludah.

Berikut ini beberapa hadits tentang bagaimana adab-adab ketika kita akan meludah saat dalam sholat.

Hadits pertama :

Anas bin Malik ra meriwayatkan bahwa Rosulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya ketika melaksanakan sholat,  seorang mukmin sedang berbisik (munajat) kepada Tuhannya. Maka janganlah sekali-kali ia meludah kedepannya dan jangan meludah kearah kanannya, akan tetapi (jika terpaksa harus meludah, maka) arahkan kearah kiri atau kearah telapak kaki kirinya” (HR.Bukhori no.414, kitab Ash-Shalat)

Hadits kedua :

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda :

“Ketika salah seorang kalian berdiri dalam sholat, maka janganlah meludah di depannya, (ingatlah) bahwa sesungguhnya dia sedang berbisik  (munajat) kepada Allah Swt selama dia berada di tempat sholat dan janganlah meludah ke arah kanannya, karena sesungguhnya disebelah kanannya ada malaikat, dan hendaklah meludah kearah kirinya atau kearah bawah telapak kakinya, kemudian ia menimbun ludah itu” (HR. Bukhori no.416, Kitab Ash-Shalat)

Hadits ketiga :

Ibnu Umar ra juga meriwayatkan bahwa Rosulullah Saw bersabda :

“Ketika salah seorang diantara kamu mengerjakan sholat, maka janganlah meludah kehadapannya (arah depannya), karena Allah Swt berada didepannya ketika ia sholat” (HR. Bukhori no. 406, Kitab Ash-Shalat)

Namun pada kenyataannya hal ini sangatlah jarang terjadi, kalaupun kita harus melakukannya, maka lakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena saudara kita yang sedang sholat disebelah kita.

Saya pernah mendengar cara meludah atau mengeluarkan sesuatu dari mulut (sisa makanan dsb) ketika sholat cukup seperti bersyarat saja (sedikit yang dikeluarkan) beda dengan saat kita meludah diluar sholat.

Demikian informasi hadist malam ini, semoga menjadikan tambahan ilmu buat kita.. amin.

Kalau ada yang ingin menambahkan atau koreksi, dengan senang hati saya tunggu.

Wallahu a’lam bissowab..

 

 2,557 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat