5 Sebab Pengahalang Terkabulnya Doa

sholat

Bismillah,

Sahabat Mabrur, ini adalah posting lanjutan dari posting sebelumnya, yakni tentang orang-orang yang doanya mustajabah dan ini adalah penyebab doa kita belum terkabul oleh Allah Swt, yaitu :

  1. Menggunakan Harta Haram. Selain dosa besar, harta haram juga menghambat doa-doa kita. Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Saw,”Ya Rosulullah, doakan lah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah. Rosulullah menjawab,“Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Demi jiwaku yang berada ditangan-Nya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram kedalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang daginnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak baginya” (HR. At-Thabrani). Dalam Al-Quran Allah Swt berfirman,“Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik, dan sesunggunya Allah memerintahkan kepada para Rosul. Allah berfirman :”Hai Rosul-rosul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlan amal sholeh” (QS.Al-Mu’minuun:51)
  2. Tergesa-gesa (Ingin segera terkabulkan). Inilah salah satu kelemahan manusia, tidak sabar ingin segera terkabul, terkesan seperti memaksa Allah Swt agar doa kita cepat terkabul. Peringatan Rosulullah tentang hal ini,“Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa (minta dikabulkan) sehingga ia berkata, “aku sudah berdoa namun tidak juga dikabulkan” (HR. Bukhori & Muslim)
  3. Berbuat Maksiat, Jika ketakwaan akan membawa mudah segala urusan, maka maksiat akan mempersulit urusan. Sabda Rosulullah Saw,“Seorang mukmin, jika berbuat sutu dosa, maka ternodalah hatinya dengan senoktah warna hitam. Jika dia bertobat dan beristighfar, hatinya akan kembali putih bersih. Jika ditambah dengan dosa lain, noktah itupun bertambah hingga menutupi hatinya. Itulah karat yang disebut Allah dalam ayat,”Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka” (HR. Tarmidzi)
  4. Meninggalkan perintah-Nya, ini adalah termasuk penghalang terkabulnya doa kita, Rosulullah Saw bersabda,“Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran atau (kalau kalian tidak lakukan) maka pasti Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga kalian berdoa kepada-Nya, tetapi tidak dikabulkan” (HR. Tirmidzi)
  5. Memutuskan Tali Silaturahmi, Rosulullah Saw bersabda,“Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa yang tidak mengandung dosa dan tidak pula memutuskan hubungan kekerabatan, melainkan Allah akan memberinya sala satu diantara tiga hal : Doanya segera dikabulkan, akan disimpan baginya di akhirat atau dirinya akan dijauhkan dari keburukan yang senilai dengan permohonan yang dimintanya.” para sahabat berkata,”Kalau begitu, kami akan perbanyak berdoa.”Rosulullah Saw menanggapi,”Allah lebih banyak (untuk mengabulkan doa kalian)”(HR. Ahmad)

Semoga kita terbebas dari 5 hal tersebut diatas, agar kita terhindar dari doa yang tak terkabulkan. Wallahu’alam bisshowab.

 2,507 total views,  2 views today

1 thought on “5 Sebab Pengahalang Terkabulnya Doa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat