10 Doa Orang-orang Spesial (Mustajabah)

doa

Bismillah,

Ada 10 orang  yang doa nya spesial, adakah kita diantara 10 orang tersebut ? mari simak uraian berikut ini :

  1.  Doa Orang yang sedang berpuasa, dalam artian orang yang benar-benar puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, doanya langsung diangkat kelangit dan dikabulkan Allah SWT. Sabda Rosulullah Saw,“Ada 3 doa yang tidak diragukan lagi akan dikabulkan oleh Allah, yaitu doa imam yang adil, doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka dan doa orang yang teraniaya” (HR. Ahmad, Tarmudzi dan Ibnu Majah)
  2. Doa Pemimpin yang Adil, pemimpin dambaan setiap Rakyatnya. Layaknya Oase ditengah gersangnya kehidupan. Terdepan melindungi Rakyat, terakhir kenyang setelah Rakyatnya, teladan tingkah lakunya, menguatkan yang lemah, menolong yang lemah dan teraniaya. Pemimpin seperti ini yang dirahmati Allah SWT dan didoakan oleh Rakyat. Menurut riwayat, pemimpin yang adil akan ditempatkan disurga bersama para nabi dan orang-orang sholeh.
  3. Orang yang Dianiaya atau dizalimi, orang yang suka mendzolimi orang lain akan mendapat balasan dari-Nya, baik di dunia maupun di akhirat. Sehingga doa orang-orang yang terzolimi termasuk mustajab disisi Allah SWT. Hal ini terlihat dalam salah satu pesan Nabi kepada sahabatnya, Mu’az bin Jabal ra saat diutus untuk berdakwah ke Yaman, beliau bersabda,“Dan waspadalah terhadap doa orang yang terzalimi. Karena tidak ada hijab/penghalang antara doanya dengan Allah” (HR. Bukhori)
  4. Orang yang sedang Sakit, kita sering mendoakan orang yang sedang sakit agar lekas sembuh dari sakitnya. Namun jangan lupa, orang sakit doanya mustajab atau istimewa disisi Allah SWT. Hal ini berdasarkan hadits Rosulullah Saw,“JIka engkau menjenguk orang sakit, mintalah kepadanya agar ia berkenan mendoakanmu, karena doanya seperti doa malaikat” (HR. Ibnu Majah)
  5. Doa orang tua kepada anaknya, ini tidak perlu diragukan lagi, mustajabnya doa orang tua kepada anak-anaknya. Tak ada hijab doa orang tua kepada anaknya disisi Allah SWT. Hadits dari Abu Hurairah ra, Rosulullah Saw bersabda,“Ada tiga doa yang diterima oleh Allah secara langsung, yaitu doa orang yang dianiaya, doa seorang musafir dan doa orang tua kepada anaknya” (HR. Turmudzi, Ahmad dan Abu Daud)
  6. Doa anak yang soleh untuk orang tuanya, anak yang patuh dan taat kepada Allah dan Rosul-Nya dan kedua orang tuanya semasa masih hidup, sesuai hadist berikut,“Apabila seseorang meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakannya” (HR. Muslim)
  7. Doa anak Yatim, dalam Islam anak yatim mempunyai tempat istimewa, sehingga kita harus memuliakannya. Doa anak yatim merupakan salah satu doa yang mustajab. Sesuai sabda Rosulullah Saw,“Ada seseorang yang datang kepada Rosulullah Saw dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi un bertanya,”Suka kah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi” (HR. Ath-Thabrani)
  8. Doa yg dilakukan secara berjamaah, ibadah apapun yang dilakukan secara berjamaah akan mendapatkan pahala yang berlipat, seperti sholat sendiri dan sholat berjamaah, pahalanya 27 derajat. Begitu pula dengan doa berjamaah, mustajabah InsyaAllah, sesuai sabda Nabi Saw,“Tidaklah berkumpul sekelompok muslim, kemudian sebagian dari mereka berdoa dan diamini oleh sebagian yang lain, kecuali Allah mengabulkannya” (HR. Hakim). Dalam riwayat yang lain, Rosulullah Saw bersabda,“Tidaklah berkumpul tiga orang sambil berdoa, melainkan berhak bagi Allah untuk tidak menolah tangan mereka (yang mereka tengadahkan)” (HR. Abu Nu’aim)
  9. Doa orang Haji dan Umroh, Keistimewaan orang berhaji dan umroh juga setara dengan orang yang sedang berperang dijalan Allah dan makbul doanya, sesuai sabda Rosulullah Saw,“Orang yang berperang dijalan Allah, orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh, mereka adalah tamu Allah. Allah telah menyeru mereka dan mereka pun menyambutnya. jika mereka meminta kepada Allah, Allah pun akan memperkenankan permohonannya” (HR. Ibnu Majah)
  10. Doa hafidz Al-Quran, Al-Quran adalah mukjizat terbesar untuk umat Islam, dan manusia terbaik adalah mereka yang belajar Al-Quran, menghafal dan mengamalkannya. Maka tidak heranlah jika seorang penghafal Quran doanya mustajab, sabda Rosulullah Saw,“Penghafal Al-Quran mempunyai doa yang ketika dibaca akan dikabulkan” (HR. Baihaqi)

Semoga kita termasuk orang-orang spesial yang doanya mustajabah, amin ya robbal ‘alamin.

 22,447 total views,  2 views today

1 thought on “10 Doa Orang-orang Spesial (Mustajabah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat